Mangaka Terhebat

Kali ini saya ingin berbagi info menarik mengenai 7 mangaka terhebat.Mangaka itu adalah orang yang membuat komik/manga yang mana hasil karyanya dalam manga tersebut telah di ketahui banyak orang.
Okehhh langsung saja ya😀
1. Tezuka Osamu
Tesuka Osamu
Tidak salah lagi, si “God of Manga” ini layak menjadi yang No-1. Sang peletak fondasi manga yang kuat. Berkat dialah sekarang manga jadi terkenal. Dialah yang pertama kali memperkenalkan manga dengan gaya menggambar yang terinspirasi dari film Disney dengan matanya yang lebar. Karyanya yang paling membuatnya terkenal adalah Astro Boy dan manga yang sampai meninggalnya belum sempat dibuat tamat adalah Hi no Tori (Phoenix). Namanya juga diabadikan sebagai nama salah satu penghargaan manga yaitu Tezuka Award.
Manga yang diciptakan: Astro Boy, Black Jack, Buddha, Adolf, dll.
2. Akira Toriyama
Akira toriyama
Si mangaka pembangun manga Shonen. Banyak manga Shonen yang terinspirasi oleh karya dari Akira Toriyama. Salah satu manganya yaitu Dragon Ball yang berhasil terjual sebanyak 230 juta copy dari tahun 1984-1995 di seluruh dunia. Itu merupakan rekor penjualan manga yang tak terkalahkan (Sebelum “Dia” menyerang). Akira Toriyama juga telah mumbuat majalah Jump pada masa keemasannya berkat Dragon Ball-nya itu. Amerika juga telah membuat Live Action dari Dragon Ball berjudul Dragon Ball Evolution (Walaupun tidak memuaskan).
Manga yang diciptakan: Dragon Ball, Dr. Slump, dll.
3. Fujiko F. Fujio
Fujika F Fujio
Mangaka yang hasil karyanya dapat dibaca oleh setiap kalangan, dari anak kecil sampai orang tua. Siapa sih yang tidak tahu karya dari Fujiko F. Fujio. Dengan nama asli Fujimoto Hiroshi. Manga manga yang dibuat oleh beliau ini memang sangat ringan sekali untuk dibaca. Dengan cerita yang unik namun masih bisa dipahami oleh semua kalangan. Awalnya berduet dengan Abiko Motoo (Pencipta Ninja Hattori) sampai dengan tahun 1987. Salah satu karya duetnya bersama Abiko Motoo ada Obake no Qtaro. Fujiko F. Fujio meninggal sebelum menyelesaikan cerita Doraemon, maka dari itu banyak versi ending Doraemon. Salah satu yang paling terkenal adalah Doraemon yang dihidupkan kembali oleh Nobita.
Manga yang diciptakan: Doraemon, P-Man, Esper Mami, 21 Emon, Mojacko, dll.
4. Eiichiro Oda
Eiichiro Oda
Sang mangaka paling populer masa kini. Dengan karyanya yaitu One Piece, dia menjadi terkenal sampai saat ini. One Piece memecahkan rekor penjualan manga terbanyak sepanjang sejarah yang telah lama dipegang oleh Dragon Ball dengan total penjualan sampai volume 75 sekitar 350 juta copy di seluruh dunia dan akan terus bertambah seiring berjalannya cerita One Piece. Eiichiro Oda juga sempat membuat manga gabungan bersama Dragon Ball pada tahun 2007 dan bersama Toriko pada tahun 2011. Eiichiro Oda juga dikenal sebagai mangaka yang menciptakan satu manga tapi ketenaran dan penjualan komiknya berhasil mengalahkan banyak mangaka yang menciptakan banyak manga.
Manga yang diciptakan: One Piece
5. Takehiko Inoue
Takehiko Inoue
Diantara manga yang bertema olahraga lainnya, manga karya Takehiko Inoue contohnya Slam Dunk itu beda dari yang lain. Slam Dunk adalah manga olahraga tentang basket yang sangat enjoy untuk dibaca. Diselingi oleh candaan saat sedang bertanding dan itu yang membuat manga Slam Dunk enjoy. Penggambaran karakter dari manga karya Takehiko Inoue sangat mirip seperti orang aslinya. Dalam manga Vagabond juga Takehiko Inoue bukan menggambarnya, tapi melukis karakternya agar lebih terlihat nyata.
Manga yang diciptakan: Slam Dunk, Real, Vagabond.
6. Urasawa Naoki
Urasawa Naoki
“Kalau ingin komik yang mudah dipahami, jangan baca komik karya Urasawa Naoki”. Begitulah yang terlintas tentang Urasawa Naoki. Manga manga karya Urasawa Naoki itu sangat sulit untuk dipahami dan hampir tidak ada unsur humornya. Kalian perlu mengulang beberapa kali untuk memahami ceritanya. Salah satu karyanya yaitu Pluto, Pluto cerita sebenarnya berasal dari Astro Boy (Karya Tezuka Osamu) yang mudah untuk dipahami. Tetapi dengan sentuhan ulang dari Urasawa Naoki, ceritanya menjadi berat dan harus serius membacanya.
Manga yang diciptakan: 20th Century Boys, Pluto, Monster, Yawara, dll.
7. Takeshi Obata
Takeshi Obata
Dia merupakan mangaka yang bekerja dengan berduet dengan penulis cerita. Contohnya Yumi Hotta saat Hikaru no Go, Tsugumi Ohba saat Death Note dan Bakuman, Ryosuke Takeuchi dll. Duetnya yang paling berhasil adalah bersama Tsugumi Ohba. Mereka bersama sama membuat manga bertema unik dan sangat populer di kalangan masyarakat yaitu Death Note dan Bakuman. Penggambaran karakter dalam manga karya Takeshi Obata itu sangat detail dan lucu. Takeshi Obata juga dikenal sebagai mangaka yang pandai dalam menggunakan tone.
Manga yang diciptakan: Hikaru no Go, Death Note, Bakuman, dll.
Sebenarnya masih banyak mangaka lain yang hebat. Contohnya Adachi Mitsuru, CLAMP, Gosho Aoyama, Yoshihiro Togashi, Rumiko Takanashi, Masashi Kishimoto, Tite Kubo, Hiro Mashima dan lainya. Tapi menurut saya, 7 mangaka diatas lah yang sangat menginspirasi mangaka lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »